Kelebihan Membangun Rumah Dengan Baja ringan

kelebihan baja ringan

Pada saat ini banyak orang membangun rumah dengan rangka dari baja ringan. Bangunan baja ringan sangat serbaguna dan dapat dibangun hampir di mana saja dari lokasi industri hingga rumah dan kantor. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa rangka baja menjadi semakin populer untuk digunakan dalam membangun rumah.

Ternyata hal tersebut bukan sebatas tren saja, karena baja ringan mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan rangka dari kayu. Jika Anda berencana membangun rumah dalam waktu dekat, tidak ada salahnya mempertimbangkan bahan bangunan yang satu ini. Apa saja kelebihan membangun rumah dengan baja ringan? Simak keterangan berikut ini.

9 Kelebihan Membangun Rumah Dengan Baja Ringan

Pada umumnya baja ringan merupakan bahan bangunan yang digunakan dalam konstruksi terutama untuk atap. Tidak hanya rumah, material ini juga diaplikasikan pada gudang, pabrik dan bangunan lainnya. Bahkan dalam beberapa hal, baja ringan bahkan lebih unggul dari kayu.

Seperti tidak mudah berubah, tahan api, tahan panas, cepat dipasang dan lebih murah mengingat saat ini harga kayu relatif mahal. Tidak bisa dipungkiri, penggunaan baja ringan yang masif dalam beberapa tahun terakhir membuat material ini semakin populer di pasaran dengan berbagai merek.

Nah dengan kepopulerannya tentunya baja ringan memiliki banyak kelebihan untuk membangun rumah, apa saja kelebihannya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Tahan gempa dan cuaca ekstrem

Baja ringan adalah struktur yang kuat dan tahan lama ketika digunakan untuk membangun rumah. Jenis bahan bangunan ini dianggap mampu menahan paparan kondisi cuaca ekstrim, bahkan di tanah yang dingin dan panas.

Selain itu, baja ringan merupakan material yang kokoh dan tidak mudah bengkok, sehingga akan tahan terhadap bencana alam seperti gempa bumi. Bahkan jika runtuh saat gempa, baja ringan dapat digunakan kembali untuk membangun rumah. Karena baja ringan tidak akan hancur karena adanya gempa. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih karena sudah terbantu dari adanya baja ringan yang bisa digunakan kembali untuk membangun rumah. Penggunaan rangka baja ringan juga bisa diterapkan pada rumah 2 lantai. Rumah baja ringan 2 lantai akan lebih menghemat biaya sehingga selebihnya bisa digunakan untuk orang lain. penggunaan baja ringan sebagai rumah memang sedang trend dan digemari banyak orang.

2. Tahan api

Kelebihan kedua, baja ringan merupakan bahan bangunan tahan api. Oleh karena itu, bahan bangunan ini dapat melindungi bangunan dari kemungkinan kerusakan yang serius jika terjadi kebakaran karena materialnya yang kokoh dan tidak mudah terbakar.

Ini merupakan slah satu fitur utama yang membedakan bangunan rangka baja dari konstruksi kayu tradisional adalah penggunaan insulasi tahan api, yang menyediakan cara yang efektif untuk memadamkan semua jenis api di sebuah bangunan.

Jika insulasi yang digunakan dalam konstruksi tidak tahan api, mungkin tidak dapat melindungi bangunan dari kehilangan panas dan oleh karena itu akan gagal dalam uji ketahanan api. Karena insulasi tahan api dalam konstruksi baja dapat lulus uji ketahanan api bangunan meskipun tidak tahan api pada tahap desain, penambahan insulasi tahan api ke struktur diperlukan.

Memastikan rumah tahan api adalah penting karena kerusakan akibat kebakaran bisa sangat mahal dan menghancurkan. Insulasi tahan api pada konstruksi bangunan baja juga dapat mencegah api yang membakar bangunan menyebar lebih luas. Membangun rumah dengan baja ringan tahan api sangat penting karena jika terjadi kebakaran biaya pembangunan kembali tidak menghabiskan dana yang tinggi

3. Mudah dirakit

Membangun rumah dengan baja ringan Baja ringan mudah dirakit dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk dirakit. Selain cepat dan mudah, bahan ini juga bisa dirakit dengan berbagai cara tergantung kebutuhan dan keinginan tuan rumah.

4. Ringan tetapi memiliki kekuatan tarik yang kuat

Baja ringan menjadi pilihan yang disukai sebagai jenis bahan bangunan karena bobotnya yang sangat ringan. Bobot struktur baja ringan ini mempermudah proses pengangkutan dan pemasangan saat membangun rumah.

Memiliki bobot yang ringan dan potensi beban mati yang kecil tidak mengurangi kekuatan tariknya. Hal ini membuat konstruksi baja ringan cocok untuk struktur desain atap, terutama untuk rumah yang besar.

5. Memiliki kekuatan setara dengan konstruksi konvesional

Konstruksi baja ringan mampu menahan deformasi besar tanpa menyebabkan keruntuhan akibat beban tarik selama proses manufaktur, transportasi dan konstruksi tanpa menyebabkan kerusakan. Tidak seperti bahan baja atau kayu tradisional, yang keras dan rapuh, mereka segera hancur ketika terkena beban kejut.

Konstruksi baja ringan mampu menerima beban lentur, beban kejut dan beban geser sehingga bentuk struktur dapat lebih fleksibel. Baja ringan dengan ketebalan 1 mm memiliki kekuatan dan kekuatan yang setara dengan baja konvensional dengan ketebalan 3 mm atau lebih. Meski ringan, atap baja jenis terbaru ini sangat kokoh sehingga penghuni rumah bisa aman dan nyaman saat menempatinya.

6. Tahan lama

Salah satu kelebihan membangun rumah dengan baja ringan adalah daya tahan yang kuat. Lapisan baja ringan dilapisi dengan paduan seng yang akan membuatnya bertahan selama puluhan bahkan ratusan tahun. Lapisan ini berfungsi untuk melindunginya dari karat atau korosi yang membuat material menjadi rapuh. Baja ringan juga tahan terhadap rayap.

Anda tidak perlu khawatir akan serangan rayap dan lelah mencari cara untuk membasmi rayap atau khawatir dengan bahan yang rapuh dan keropos. Selain itu, pemeliharaan dan perawatan bahan bangunan baja ringan juga sangat mudah dan murah dibandingkan dengan konstruksi lainnya.

7. Anti karat

Meski terbuat dari logam, konstruksi baja ringan ini tahan karat. Hal ini membuat rangka baja ringan yang masih dapat digunakan kembali atau didaur ulang ketika sudah tidak digunakan lagi.

8. Hemat waktu

Berkat bobotnya yang ringan dan bentuknya yang presisi dan konsisten, proses pemasangan struktur baja ringan jauh lebih singkat. Hal ini ditambah dengan proses penyambungan konstruksi baja ringan yang sederhanasehingga proses pemasangannya tidak terlalu sulit. Menggunakan baja ringan untuk digunakan sebagai struktur atau atap rumah akan menghemat waktu.

Alasannya karena ukuran yang seragam berdasarkan fungsinya akan memudahkan tukang untuk memasang. Pengrajin hanya perlu mengebor dan memasang baut dari masing-masing rangka baja ringan tanpa perlu mengampelas atau membuatnya menjadi ukuran yang seragam.

9. Hemat biaya

Meskipun baja ringan lebih mahal daripada kayu, baja ringan akan menghemat biaya keseluruhan untuk membangun rumah. Penggunaan baja ringan menghemat waktu dalam pembangunan rumah, sehingga dapat mengurangi biaya konstruksi secara efisien. Penggunaan baja ringan juga meminimalisir sisa material yang tidak terpakai.

Dengan kelebihan dan harga yang bersaing, apakah Anda tertarik membangun rumah Anda dengan baja ringan? selain prosesnya mudah dan cepat baja ringan juga bisa dirakit sesuai kebutuhan. Bukan hanya rumah baja ringan juga dapat digunakan sebagai rangka bangunan gedung lebih dari dua lantai.

Itulah kelebihan membangun rumah dengan baja ringan. Jika anda berminat

You May Also Like

About the Author: Andy Chrisman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *