Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal

tips memilih jurusan kuliah

Berbagai pertanyaan seputar memilih jurusan kuliah yang cocok pasti dilontarkan oleh mahasiswa yang baru saja lulus dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Tidak hanya jumlah universitas yang ribuan di Indonesia, berbagai jurusan universitas yang ada juga pasti membuat kebingungan dalam memilih mana yang cocok untuk dijadikan tempat berlabuh.

Memilih jurusan kuliah sangat penting. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, salah memilih jurusan kuliah justru bisa berujung penyesalan. Jangan memilih jurusan hanya karena Anda mengikuti teman atau hanya karena Anda jatuh cinta dengan kota. Pasalnya, calon mahasiswa yang memilih jurusan tanpa pertimbangan matang bisa jadi menyesal di kemudian hari.

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Calon mahasiswa seringkali mengandalkan fasilitas dan kuliner di kampus sebagai pilihan jurusan kuliah mereka. Untuk anda yang baru lulus SMA tentunya masih punya pikiran aneh-aneh dan sangat perlu bimbingan. Nah berikut ini tips memilih jurusan kuliah agar tidak menyesal nantinya.

Pahami minat dan bakat Anda

Dihadapkan pada banyaknya jurusan yang ada, dibutuhkan alasan yang tepat untuk memilih salah satu jurusan yang ada. Cara memilih jurusan tentunya berbeda dengan cara kita memilih menu makanan atau tema handphone, yang mana jika bosan kita bisa langsung mengganti temanya. Tapi bagaimana dengan jurusan kuliah? Untuk itulah Anda perlu mengetahui minat dan bakat apa yang Anda miliki. 

Pengetahuan ini dapat membantu Anda menentukan jurusan kuliah. Pemahaman yang baik terhadap diri sendiri inilah yang dapat membuat kita bertahan menghadapi berbagai tantangan ketika mempelajari pengetahuan dan keterampilan baru di bangku kuliah.

Tes Psikotes

Tes psikotes dapat menjadi acuan untuk menentukan peminatan jurusan kuliah yang sesuai. Meskipun tidak 100% efektif dalam membaca potensi dan karakter, namun dapat dijadikan acuan bagaimana menentukan jurusan kuliah yang tepat. Tes ini akan membantu Anda menganalisis minat, nilai, karakter, kekuatan, kelemahan, pada skala keterampilan Anda di bidang seni atau sosial, serta menyelidiki dan menafsirkan berbagai hal. Tidak hanya itu, beberapa tes kepribadian juga akan menunjukkan minat Anda, bidang karir yang sesuai, gaya kerja yang tepat untuk Anda.

Lakukan riset perguruan tinggi

Cara menentukan jurusan kuliah ini bisa membantu Anda yang benar-benar blank tentang jurusan yang akan diambil. Ketahui semua tentang jurusan kuliah yang ada di universitas. Cari tahu tentang setiap bidang pengetahuan, klien potensial untuk alumni dan hal-hal lain yang penting untuk diketahui. Pelajari dan bandingkan, bandingkan daftar jurusan universitas yang Anda miliki. 

Pelajari semua faktanya. Cara ini dapat membantu Anda memilih jurusan kuliah Anda. Cara ini juga bisa diterapkan ketika Anda memiliki banyak jurusan yang ingin dipilih, entah pilihan sendiri atau pilihan dari orang tua Anda.

Perhatikan peluang kerja

Selain potensi pribadi, tips memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah dengan memperhatikan peluang kerja saat ingin memilihnya. Anda tetap harus melihat perkembangan dunia agar bisa mengetahui jurusan mana yang memiliki peluang kerja paling banyak.

Ketahui tujuan karir yang ingin Anda capai

Sebelum memilih jurusan kuliah, Anda perlu memiliki gambaran tentang prospek kerja setelah lulus dari jurusan kuliah pilihan Anda. Jangan sampai Anda asal-asalan memilih jurusan kuliah, dan akhirnya kebingungan mau kerja dimana setelah lulus.

Konsultasikan dengan orang-orang yang berpengalaman

Diskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah yang saat ini tersedia bersama para ahlinya. Misalnya psikolog pendidikan. Atau diskusikan dengan seseorang yang dekat denganmu juga bisa mengurangi beban dipikiran Anda. Mereka yang memiliki pengalaman dan keterampilan dapat memberi Anda perspektif baru dan pengetahuan segar. 

Memahami manfaat dan konsekuensi dari pilihan. 

Perlu diingat, tidak ada yang sempurna. Begitu juga dengan jurusan universitas. Mungkin kelulusan kuliah A sesuai dengan minat Anda, tetapi prospek kerjanya sedikit kurang menarik. Atau sebaliknya, ada jurusan di perguruan tinggi B yang bidang ilmunya kurang menarik tapi kemampuanmu lumayan bagus disana. 

Sebaik apapun pilihan yang kita coba buat, tetap akan ada kekurangannya. Itu sebabnya, mengetahui konsekuensi memilih spesialisasi universitas itu penting. Jangan hanya melihat sisi baiknya atau manfaatnya saja.

Menetapkan dengan sikap tanggung jawab 

Pertimbangan memilih jurusan kuliah harus diikuti dengan sikap tanggung jawab. Calon mahasiswa perlu menyadari bahwa keputusan yang diambilnya perlu ditanggapi dengan serius dan optimal. Sikap tanggung jawab harus dipertahankan sampai akhir masa kuliah. Pasalnya, tidak jarang calon mahasiswa kehilangan sikap tanggung jawab di akhir masa kuliah. Sebagai bentuk awal penanaman sikap bertanggung jawab, calon mahasiswa mungkin mulai tidak mengikuti temannya ketika memilih jurusan kuliah.

Perhatikan biaya yang diperlukan

Yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui biaya pendidikan di suatu jurusan. Jangan sampai jurusan yang Anda pilih membutuhkan biaya yang besar dan di luar kemampuan orang tua atau wali Anda.

Kenali masalah lain yang mungkin akan dihadapi

Siapa bilang kita harus selalu melihat sisi baiknya? Terkadang kita juga harus melihat masalahnya untuk mengetahui cara memperbaikinya. Misalnya ketika Anda telah memilih jurusan dan universitas. Setelah Anda mengetahui semua hal tentang jurusan dan kampus, Anda perlu mengetahui efek lain yang akan ditimbulkan, sehingga Anda dapat bersiap untuk menghadapinya. 

Misalnya, Anda mengerti bahwa biaya hidup di daerah itu tinggi dan mungkin orang tua Anda akan kesulitan membayar Anda. Dengan cara ini Anda harus menerima konsekuensi dari pekerjaan paruh waktu untuk mencari nafkah sambil belajar.

Pilih kampus yang tepat

Tidak semua orang memiliki kesempatan masuk di kampus yang bergengsi. Padahal, masuk ke kampus ternama akan menawarkan banyak keuntungan. Terkadang ada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan persyaratan universitas tertentu. Meski biasanya tidak ditulis saat seleksi, alumni dari universitas terkemuka akan diprioritaskan. 

Banyaknya pendahulu yang sudah memasuki dunia kerja juga dapat membantu karir. Misalnya, seorang lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan tidak sengaja bertemu dengan mantan senior yang sudah bekerja. Ada kemungkinan mereka akan dibantu atau ditemukan koneksinya. 

Oleh karena itu sangat penting untuk memilih kampus yang tepat, karena tentunya beliau sangat bangga jika kita lulus dari salah satu universitas terbaik tersebut, namun tentunya hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk didapatkan. 

Dibutuhkan kerja keras dan kemampuan akademik yang baik untuk bisa duduk di universitas terbaik, jadi persiapkanlah sesegera mungkin. Karena jika Anda lulus dari universitas favoritmu, maka Anda harus siap menghadapi ratusan bahkan ribuan pesaing dalam memperebutkan tempat kuliah di sana.

Berbahagialah dengan jurusan yang Anda pilih. Jika Anda masih bingung memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, coba buat daftar beberapa jurusan yang paling dekat dengan Anda. Setelah itu, Anda bisa menghapus satu per satu jurusan yang paling tidak cocok hingga sisa jurusan yang mungkin akan Anda pilih. 

Kunci untuk menemukannya adalah jangan terburu-buru. Itulah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang bisa Anda gunakan.

You May Also Like

About the Author: Andy Chrisman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *